tips jualan di marketplace untuk pemula

4 Tips Jualan di Marketplace Untuk Pemula

4 tips jualan di marketplace untuk pemula
4 tips jualan di marketplace

Memasuki era digital, dimana semua orang harus melek akan dunia digital, seperti kehadiran aplikasi pesan cepat, penyebaran akan informasi di internet dan juga kehadiran akan marketplace di internet, banyak merubah cara masyarakat untuk menanggapi informasi yang mereka terima.

Kehadiran marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, juga sudah merubah perilaku masyarakat dalam berbelanja termasuk juga untuk pelaku usaha yang menjual barangnya.

Berjualan di marketplace memiliki potensi yang lebih besar, yaitu kesempatan untuk usahanya di lihat oleh banyak orang. Di dukung dengan internet yang sudah semakin cepat, akses ke marketplace pun juga semakin mudah.

Melihat hal ini, berjualan secara daring (online) memiliki potensi yang sangat besar, tidak heran jika banyak yang mencari tips dan trik untuk jualan di marketplace, cara agar marketplace banyak dikunjungi, dan tidak sedikit juga yang mencari tips berjualan di marketplace untuk pemula.

Apa itu marketplace?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara agar marketplace banyak dikunjungi, mari baca dulu apa itu marketplace?

Pada dasarnya marketplace adalah pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya. Situs marketplace akan menjadi layaknya pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan fitur penjualan serta fasilitas pembayaran yang aman.

Banyak perusahaan yang menjadi pihak yang mengakomodasi penjual dan pembeli di dunia maya, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, sehingga memberikan kamu kenyamanan dan juga membuat kamu lebih percaya untuk berbelanja di sana.

Perusahaan tersebut akan menjadi penengah antara penjual dan pembeli, dimana uang yang di transfer akan masuk ke perusahaan terlebih dahulu, dan jika barang sudah diterima oleh pembeli, uang baru di transfer ke rekening pembeli. Yang terpenting adalah, semua pelayanan itu, dapat kamu terima secara gratis.

Kemudian kehadiran marketplace ini juga dirasakan oleh pembeli juga, seperti tidak perlu lagi yang namanya mencari informasi barang tertentu di jual di toko apa, tidak perlu lagi berdesakan di mall dan pasar, tidak perlu lagi untuk menghadapi kemacetan hanya untuk mencari satu barang, dan tidak perlu lagi untuk antri pembayaran di kasir. Semua itu sekarang dapat dengan mudah diakses menggunakan handphone dan jempol kamu saja.

Menurut data dari katadata, Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara yang memiliki pertumbuhan paling cepat pada tahun 2018. Melihat dari grafik ini dapat memberikan gambaran adanya peningkatan pembelian di marketplace dan sekaligus juga memberikan gambaran bahwa persaingan di sana semakin ketat. Jika kamu serius ingin masuk ke pasar itu, kamu perlu dengan serius mempersiapkannya.

indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat
indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat

Tips berjualan di marketplace Indonesia

Seperti membuka usaha pada umumnya, jika ingin berjualan di marketplace, kamu perlu menanggapinya dengan sangat serius dan disertai dengan persiapan yang matang, seperti meneliti barang apa yang akan kamu jual beserta dengan strategi apa yang akan kamu gunakan.

Berikut adalah beberapa tips berjualan di marketplace

Siapkan nama toko yang akan digunakan

Banyak yang mengatakan bahwa nama adalah doa. Jadi kamu juga perlu menanggapi dengan serius untuk nama yang akan kamu gunakan untuk usaha kamu. Karena nama inilah yang akan menjadi identitas kamu selama berjualan di marketplace. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam pembuatan nama.

  1. Mudah dibaca

Menggunakan nama dengan bahasa asing akan seperti terlihat sangat menjanjikan, tapi apakah akan terlihat keren jika ternyata nama nya susah dibaca bahkan susah untuk diingat? Tentu kamu tidak ingin terjadi. Jadi siapkan nama toko yang mudah dibaca oleh semua orang sampai mereka pun juga dapat mengingatnya dengan mudah.

  1. Pastikan tidak menggunakan huruf dan angka ganda.

Apa yang terjadi jika nama toko kamu menggunakan huruf dan angka ganda? Tentunya, orang yang hadir di tempat kamu akan susah untuk mengingatnya yang juga berpotensi mereka susah akan untuk balik lagi di kemudian hari. Tentu kamu tidak mau ini terjadi, karena setiap pengunjung yang datang ke halaman produk kamu, mereka semua adalah calon pembeli.

  1. Tidak harus menggunakan nama “mart, shop, store”

Pastikan kamu menggunakan nama yang sesuai dengan barang yang kamu jual atau segmentasi pasar yang kamu targetkan. Bukan berarti menggunakan “mart, shop dan store” tidak boleh, tapi di sesuaikan saja.

  1. Konsisten

Yang paling penting dari sebuah nama atau brand adalah konsistensi. Jadi jika kamu memiliki aset digital lainnya seperti sosial media atau website, pastikan nama yang ada di sana atau alamat web nya harus sama dengan nama toko kamu, sehingga tidak menimbulkan kebingungan dengan calon pembeli. INGAT, konsisten itu penting!

Lengkapi data toko kamu di marketplace yang akan kamu gunakan

Belanja di toko online, berbeda dengan belanja di toko fisik yang sudah terlihat barang dan penjualnya. Agar orang mau belanja di toko online kamu, mereka akan melihat performa dari toko kamu, seperti berapa banyak bintang yang sudah diterima oleh toko itu, barang apa saja yang di jual, berapa banyak testimonial yang sudah diterima, dan keterangan lainnya.

Untuk pengusaha yang baru saja masuk ke marketplace, mungkin akan merasa sangat terintimidasi jika belum ada testimonial dari pembeli. Ada kemungkinan calon pembeli mengurungkan niatnya untuk membeli, karena terlihat toko ini tidak ada aktivitasnya. Akan tetapi, hal itu bisa di minimalkan jika kamu dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli.

  1. Lengkapi profil toko

Profil toko ini bisa meliputi nama, deskripsi toko, jam operasional, foto dari profil toko. – Untuk deskripsi toko, tulis dengan singkat dan jelas, seperti tentang toko itu secara singkat dan barang apa saja yang di jual di sana.

  • Jam Operasional

Perlu di jelaskan, kapan kamu akan membalas pesan dari pengunjung toko, dan kapan barang itu akan dikirim.

  • Foto Profil toko

Berbeda dengan sosial media yang foto nya adalah muka kamu sendiri, di toko kamu perlu upload logo dari nama toko kamu. Mengapa ini penting? Supaya orang makin percaya bahwa kamu serius berjualan di marketplace tersebut.

  1. Deskripsi dan foto produk
  • Foto produk

Kamu perlu memasukan foto yang bersifat untuk kegiatan promosi dan juga barang fisiknya. Mengapa barang fisik perlu di masukan? Agar calon pembeli dapat mengetahui barang apa yang akan mereka terima

  • Deskripsi produk

Biasanya berisi penjelasan dari produk itu sendiri, seperti itu produk apa, fungsi nya untuk apa dan juga spesifikasi dari produk itu sendiri.

  1. Harga yang terjangkau

Marketplace disukai banyak orang karena memiliki harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan harus beli barang tersebut di mall. Cara yang paling mudah untuk memberikan harga ke barangmu adalah melakukan sedikit penelitian untuk harga barang di marketplace yang kamu gunakan.

  1. Fast Respon!

Menanggapi pesan atau diskusi yang masuk dengan cepat adalah nilai tambah untuk toko kamu. Jika ada pelanggan yang sudah datang dan bertanya ke toko kamu, ada kemungkinan besar mereka akan membelinya dari tempat kamu. Jadi pastikan kamu menjawabnya dengan cepat, dan juga tetap sopan dalam menanggapi segala bentuk pertanyaan dari calon pembeli kamu.

  1. Beri pilihan jasa pengiriman yang beragam

Sekarang marketplace menyiapkan alternatif pengiriman barang yang sangat beragam, dan juga pembeli dapat memilih jasa pengiriman yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Ada yang dari pengiriman kilat dalam hitungan jam sudah tiba di tempat kamu hingga ada yang harus menunggu tiga hari baru tiba di tempat kamu.

Jadi penting banget untuk kamu untuk menyiapkan berbagai alternatif pengiriman, karena kamu tidak mungkin mau kehilangan calon pembeli karena tidak ada alternatif pengiriman yang sesuai dengan mereka kan?

Bonus tips, sambut mereka dengan ramah

Karena kamu berjualan secara online, kamu akan menyambut mereka sebatas melalui pesan di dalam marketplace tersebut, dan ada kemungkinan juga pembeli salah menafsirkan kata-kata yang kamu berikan ke mereka. Jadi buat persona untuk toko kamu sendiri dan gaya bahasa untuk menyambut pembeli. Ingat, pembeli adalah raja, jadi sambutlah mereka dengan sopan dan bersabarlah dalam menanggapi setiap pertanyaan atau keluhan mereka.

Tentang LABABOOK

Lababook adalah aplikasi pintar untuk membantu para UKM di Indonesia untuk menganalisa laporan laba rugi; dan juga laporan arus kas secara otomatis secara otomatis setelah mereka melakukan pencatatan di dalam aplikasi

Aplikasi ini sudah membantu lebih dari 10.000 pelaku usaha di Indonesia dan terbukti 3X mempercepat pencatatan transaksi mereka. Aplikasi ini tersedia gratis dan dapat di download di Play Store dan App Store

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter