digital marketing

5 Istilah Keren di Digital Marketing untuk UMKM

Istilah keren di Digital Marketing banyak digunakan oleh anak-anak milenial dan pemasar jaman ini, sebagai pemilik usaha pun juga tidak boleh kalah dan harus bisa beradaptasi. Internet dan sosial media pun juga digunakan untuk kegiatan pemasaran. Tapi, apakah kamu sebagai pemilik usaha juga sudah mengetahui kosakata di Digital Marketing untuk UMKM?

5 istilah keren di digital marketing untuk UMKM

5 Istilah Keren di Digital Marketing untuk UMKM

Affiliate Marketing

Affiliate marketing sebenarnya adalah proses pemasaran dengan sistem rekomendasi. Mungkin kamu pernah melihat influencer memberikan link untuk melakukan pembelian? Atau jika kamu merekomendasikan sebuah layanan, dan jika ada yang beli, kamu di beri hadiah berupa komisi? Semua kegiatan tersebut punya nama kerennya adalah Affiliate Marketing. 

Call to Action

Call to Action atau biar terlihat lebih keren lagi bicaranya menggunakan singkatan yaitu CTA. Bisa di katakan sebagai sebuah ajakan kepada calon pelanggan agar membeli barang/layanan yang di tawarkan.  

Contoh menggunakan Call to Action seperti ini, LABABOOK mempunyai sebuah program untuk UMKM di Indonesia bernama LABA Mitra. LABA Mitra hadir untuk membantu para supplier dan distributor mempercepat proses pembayaran dari para mitra warung/toko langganannya. Selain dari itu dengan bergabung ke LABA Mitra, kamu dapat menikmati beberapa keuntungan lainnya. Yuk, gabung sekarang!

Program LABA Mitra menggunakan Aplikasi LABABOOK, kamu bisa mendapatkannya di Playstore. Download sekarang!

Nah, kata-kata “Yuk, gabung sekarang! dan Download sekarang” itu adalah sebuah panggilan untuk bertindak terhadap sebuah layanan tertentu, itu yang di sebut dengan Call to Action. 

laba mitra

Consumer Acquisition Cost

Consumer Acquisition Cost atau bahasa kerennya adalah CAC, merupakan sebuah biaya yang di keluarkan untuk mendapatkan satu pelanggan. Di dalam digital marketing, biasanya CAC merupakan hasil perhitungan dari Amount Spent (uang yang di keluarkan) di bagi terhadap dengan berapa banyak pelanggan yang masuk (dapat di katakan sebagai Leads atau Conversion). 

Landing Page

Jangan menganggap bahwa Landing Page dengan Website adalah dua hal yang sama. Landing Page merupakan sebuah halaman yang fokus isinya adalah informasi dari sebuah produk, testimoni, harga hingga call to action. Sedangkan website adalah halaman sebuah bisnis, yang berisi informasi lebih tentang brand dari sebuah usaha, blog, dan biasanya juga berisi halaman karir dan nomor telepon kantor. 

Namanya juga adalah Landing Page, kalau secara harafiah di artikan adalah halaman untuk mendarat. Jadi biasanya digunakan sebagai tempat orang mendarat pertama kali untuk melihat sebuah keterangan produk lebih lanjut setelah klik di sebuah iklan. 

Remarketing

Kegiatan untuk memasarkan kembali produk atau layanan yang serupa kepada calon pelanggan yang sebelumnya sudah ada niat untuk membeli kepada produk tersebut. Salah satu istilah digital marketing yang perlu kamu ketahui, karena banyak yang menggunakan kata ini.

Mungkin contoh yang paling mudah adalah kamu jalan ke sebuah e-commerce, dan kemudian melihat produk A dari beberapa toko. Setelah dari itu, kamu memutuskan untuk menunda pembelian tersebut. Tidak lama kemudian, kamu menerima iklan barang tersebut di sosial media kamu, e-mail bahkan juga di YouTube. Pernahkah kamu mengalami hal seperti itu? Jika iya, kegiatan itu disebut juga dengan remarketing. 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter