manfaat whatsapp untuk bisnis

7 Manfaat Whatsapp Business untuk UMKM

Whatsapp merupakan salah satu sosial media yang fokus nya adalah one to one chat. Singkatnya, Whatsapp sekarang menjadi kebutuhan setiap orang, baik untuk kebutuhan personal maupun profesional.

Whatsapp sudah menjadi bagian penting untuk keluarga maupun bisnis. Tahun 2020, pengguna Whatsapp tercatat 2 miliar pengguna aktif dan Indonesia merupakan nomor 3 pengguna Whatsapp terbesar di dunia. 

Jadi tidak sedikit pengguna di Indonesia menggunakan Whatsapp sebagai media untuk membantu mereka berjualan. Jika kamu salah satu orang yang ingin menggunakan aplikasi dari Facebook itu dan belum paham, silahkan baca panduan dari kami untuk berjualan menggunakan Whatsapp.

Tidak banyak yang mengetahui manfaat dari Whatsapp Business untuk usaha yang di jalankan. Pada artikel ini, kami akan membahas tujuh manfaat menggunakan Whatsapp untuk bisnis.

manfaat whatsapp untuk bisnis lababook

1. Mudah komunikasi dengan pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Whatsapp merupakan sosial media komunikasi one to one chat. Keuntungannya adalah kamu bisa komunikasi langsung dengan pelanggan yang sedang chat dengan kamu. Tentu saja, dengan komunikasi yang baik, ini adalah kesempatan kamu untuk meningkatkan impresi terhadap usaha yang dijalankan.

2. Sebagai media untuk promosi

Untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), mereka juga ingin agar orang-orang mengetahui usaha yang sedang dilakukan. Bagusnya dari Whatsapp adalah hingga sampai saat ini aplikasi ini dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Di Whatsapp, kamu dapat membuat group atau personal chat untuk promosi produk atau usaha yang sedang dijalankan.

3. Whatsapp menjadi empat komunikasi dengan Tim kerja

Selain untuk berjualan, Whatsapp dapat digunakan untuk komunikasi dengan Tim kerja. Dengan membuat grup chat untuk Tim kerja, para pemilik usaha dengan Tim nya dapat berkomunikasi hingga bertukar pikiran. Komunikasi dengan Tim kerja setiap saat, tentu dapat meningkatkan performa kerja dari Tim itu sendiri.

4. Tempat melakukan pesanan dan konfirmasi pembayaran

Tidak ada cara yang lebih mudah selain melakukan pesanan dengan komunikasi langsung dengan pemilik usaha. Kamu dapat menggunakan whatsapp sebagai tempat untuk pelanggan melakukan pesanan sekaligus konfirmasi pembayaran. Praktis kan?

5. Bisa labeling di Whatsapp Business!

Kamu dapat memberikan label ke pelanggan kamu di Whatsapp Business. Seperti pelanggan lama, pelanggan baru, pelanggan yang menyebalkan. Tentunya fitur ini akan memudahkan kamu sebagai pemilik usaha untuk dapat melihat kontak yang sesuai dengan yang diberi label.

6. Otomasi balasan chat

Khusus untuk Whatsapp Bisnis, kamu dapat melakukan pengaturan balasan otomatis untuk pelanggan kamu dan menjawab pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh pelanggan.

7. Ada katalog produk

Dengan adanya fitur ini, pelanggan yang baru saja mengenal usaha kamu, akan sangat mudah mengenali produk yang kamu jual di dalam usaha kamu!

Kesimpulan

Whatsapp Business selain dapat digunakan secara personal maupun profesional, akan tetapi fitur-fitur yang diberikan dapat membantu pelaku bisnis UKM untuk mengembangkan bisnis mereka tanpa mengeluarkan uang sedikitpun.

Selain itu fitur Otomasi balasan chat dan Katalog produk yang terdapat di Whatsapp Bisnis, akan membuat usaha atau bisnis yang dijalankan akan terlihat rapi dan profesional.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter