• Home
  • Keuangan Usaha
  • Pencatatan Usaha Mana Yang Cocok dengan Usaha Kamu? Basis Akrual vs Kas
Pencatatan Usaha Mana Yang Cocok dengan Usaha Kamu? Basis Akrual vs Kas - LABABOOK

Pencatatan Usaha Mana Yang Cocok dengan Usaha Kamu? Basis Akrual vs Kas

Banyak pengusaha yang sudah melakukan pencatatan usaha, tetapi seringkali ada salah kaprah antara memilih sistem pencatatan yang berbasis kas atau akrual. Nah apa sih bedanya?

Sistem berbasis kas hanya mementingkan arus kas keluar masuk. Sedangkan basis akrual memperhitungkan jika pekerjaan sudah dikerjakan atau belum. Daripada bingung, kita bahas satu-satu yang mana yang cocok dengan usaha kalian.

  • Basis Kas

Catatan Keuangan berbasis kas adalah catatan kas yang mengedepankan kas keluar masuk saja. Jadi catatan kas ini memiliki keuntungan sangat sederhana dan mengedepankan arus kas. Catatan ini akan cocok untuk bisnis yang tidak ada hutang/piutang karena laporan laba rugi yang didapat akan sesuai dengan laporan arus kas. Tetapi di lain sisi, basis kas tidak akan melaporkan laba/rugi yang akurat. Contoh, jika kamu sudah menjual barang bulan ini dan akan dibayar bulan depan. Maka bulan ini kamu akan terlihat rugi karena sudah mengeluarkan biaya bahan baku. Sedangkan bulan depan kamu akan terlihat untung terlalu besar karena sudah mendapat pembayaran yang tidak dipotong dengan modal bahan baku (hpp). Hal ini akan menyesatkan jika kamu ingin mengevaluasi bisnis kamu.

  • Basis Akrual

Basis Akrual ini adalah standar yang dipakai oleh para akuntan profesional di seluruh dunia. Lihat laporan perusahaan publik di dunia dari Apple, Google, sampai lokal seperti Sinar Mas, Indofood, dll semua memakai konsep akrual ini. Apakah catatan jenis ini hanya cocok ke perusahaan besar? Tentu tidak. Usaha kamu pun bisa mulai memakainya. Keuntungan dari sistem akrual ini adalah pencatatan yang akurat, jadi kita bisa tahu kapan perusahaan ramai, bagaiamana kesehatan keuangan usaha dan lain-lain. Kelemahannya tentu tidak memakai arus kas sebagai patokan sehingga kita perlu membuat lagi laporan arus kas.

Solusinya pakai yang mana ya? Untuk usaha kecil yang tidak memiliki tenaga akuntan, mungkin lebih cocok untuk memakai basis kas karena cenderung lebih mudah digunakan. Tetapi jangan khawatir, Lababook sudah memiliki aplikasi gratis untuk para pengusaha yang ingin memiliki laporan lengkap dari laporan hutang/piutang, laba/rugi, dan arus kas. Silahkan unduh di sini ya. Aplikasi ini akan sangat membantu kalian dalam merekap laporan transaksi usaha kalian secara profesional.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter