• Home
  • LABABOOK
  • E-commerce di Indonesia: cara pilih yang tepat
e-commerce di indonesia: cara pilih yang tepat

E-commerce di Indonesia: cara pilih yang tepat

Sebagai orang yang awam dan ingin mengembangkan usaha nya secara online, mungkin hal pertama yang mereka pikirkan adalah mencoba masuk ke toko online atau e-commerce di Indonesia. Tetapi mereka bingung e-commerce apa yang harus mereka gunakan untuk mengembangkan usahanya.

Di Indonesia terdapat lima marketplace besar yang bisa diandalkan oleh pengusaha baru atau pengusaha lama untuk melebarkan sayap dagangannya, antara lain seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan Blibli. Akan tetapi, bagaimana cara memilih e-commerce yang tepat untuk memulai usaha secara online?

Pertumbuhan e-commerce Indonesia 2020

trend e-commerce indonesia 2020
trend e-commerce di Indonesia 2020

Sebelum kita bahas lebih lanjut terkait cara memilih e-commerce yang tepat, ada baiknya kita melakukan riset terlebih dahulu. Kali ini, kita sudah membantu kamu dalam melakukan riset untuk trend e-commerce di Indonesia.

Mengapa kita perlu melakukan riset untuk e-commerce itu sendiri? Jawaban sederhananya adalah kita mau lihat di mana traffic paling besar yang di datangi oleh para calon pembeli.

Lebih banyak calon pembeli mendatangi tempat itu, maka kesempatan untuk toko online untuk dilihat juga lebih besar.

Gambar di atas merupakan trend yang dipelajari berdasarkan Google Search dengan pendekatan web search.

Berdasarkan itu, dapat dilihat kalau di Indonesia, Shopee mempunyai jumlah pencarian paling banyak dibandingkan dengan keempat brand lainnya di Indonesia.

Sedangkan untuk Tokopedia dan Lazada mempunyai angka yang kurang lebih sama. Dan berikutnya di ikuti oleh Bukalapak dan Blibli.

Jika lihat gambar itu dan di suru memilih, e-commerce apa yang akan kamu pilih?

Baca Juga: 4 Tips Jualan di Marketplace untuk Pemula

Bagaimana cara memilih e-commerce di Indonesia yang tepat?

Tidak ada teori yang pasti untuk menjawab e-commerce apa yang tepat untuk usaha kamu, dan juga tidak bisa menelan secara bulat dari hasil grafik di atas.

Tapi untuk melengkapi pertimbangan lain, mungkin kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Pilihlah e-commerce yang terkenal di Indonesia

Ini sudah pasti, kamu boleh mengacu pada tren e-commerce di Indonesia selama tahun 2020 kemarin, atau kamu boleh menggunakannya berdasarkan rekomendasi dari teman atau saudara kamu sendiri.

Memilih e-commerce yang banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia, akan memberikanmu peluang lebih untuk usaha kamu ditemukan oleh calon.

2. Pilih yang memberikan banyak event

Karena e-commerce juga banyak di Indonesia dan persaingannya pun juga ketat, jadi kamu sebagai pengguna, pilihlah yang banyak event. Semakin banyak event di e-commerce itu, maka perusahaan itu akan semakin banyak menarik pengguna untuk melakukan transaksi di tempat mereka. Contohnya seperti di Shopee, kamu sebagai penjual dapat mengadakan banyak event di toko online kamu.

3. Carilah layanan konsumen yang baik

Layanan untuk konsumen bisa menjadi pertimbangan kamu. Mungkin tidak banyak orang mempertimbangkan ini, cuma pilihlah layanan konsumen yang dapat membantu kamu dengan cepat.

Percuma saja kan, kalau layanan konsumennya lama menanggapi atau memberikan solusi? Yang ada nanti kena imbasnya ke usaha kamu juga.

4. Tanya ke kenalan yang punya usaha online di e-commerce Indonesia

Terakhir mungkin tanya ke orang-orang yang kamu kenal mereka juga membuka usahanya online, dan tanyakan kepada mereka untuk e-commerce yang mereka gunakan. Bertanyalah mengapa mereka menggunakan e-commerce tersebut, dan apa yang membuat mereka betah dengan brand tersebut.

Perlu kamu ketahui, hasil data yang kami tunjukkan di sini, mungkin tidak sepenuhnya benar. Ada baiknya kamu melakukan riset lebih jauh lagi untuk menentukan e-commerce yang tepat untuk usaha kamu sendiri.

Tentang LABABOOK

Lababook adalah aplikasi pintar untuk membantu para UKM di Indonesia untuk menganalisa laporan laba rugi; dan juga laporan arus kas secara otomatis setelah mereka melakukan pencatatan di dalam aplikasi.

Aplikasi ini sudah membantu lebih dari 10.000 pelaku usaha di Indonesia dan terbukti 3X mempercepat pencatatan transaksi mereka. Aplikasi ini tersedia gratis dan dapat di download di Play Store dan App Store.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter