Cara Daftar Google Bisnisku untuk Usaha Lokal

Google Bisnisku: Cara Daftar untuk Usaha Lokal

Sering kali kalau mau mencari informasi apapun, kita mencarinya di Google. Dari perusahaan besar hingga warung lokal di daerah rumah kamu, mereka mendaftarkan usaha dan bisnisnya ke Google Bisnisku. Lalu apa pengaruhnya Google Bisnisku untuk usaha lokal? 

Kalau kata orang, hampir apapun informasi yang kamu cari, semuanya dapat di Googling. Kalau tidak percaya, coba Googling sendiri nama kamu, ada kemungkinan besar foto kamu yang sudah jadul, akan muncul di halaman Google.

Sekarang mesin pencari Google, sudah mendarah daging ke setiap pengguna ponsel pintar di tanah air, dan semua informasi semuanya lengkap di mesin Google itu. Jika kamu sebagai pemilik usaha, mengapa kamu tidak menggunakan kesempatan itu, supaya orang dapat mengenal usaha kamu? 

Sebagai pelaku usaha, tentunya kamu dapat mendaftarkan usaha kamu di Google dengan menggunakan Google Bisnisku. Banyak keuntungannya, ketika kamu mendaftarkan usaha di Google Bisnisku. 

Mengapa kamu perlu eksis secara online?

Saat ini, kemajuan internet memang sangat pesat, bahkan sebelum pandemi Covid-19 pun, orang banyak berlomba-lomba untuk menunjukkan eksistensi dia di Internet, dari Facebook, Instagram, TikTok, bahkan ada juga yang membuat blog. 

Pada saat pandemi, banyak yang membatasi diri untuk keluar jalan, jika tidak ada hal yang penting untuk di lakukan. Hal ini membuat, eksistensi usaha kamu akan semakin redup, dan tentu nya kamu tidak ingin hal ini terjadi pada usaha kamu. Segala cara harus dilakukan, seperti membuat Instagram Business, Facebook Fan Page, TikTok untuk usaha kamu, dan juga mendaftarkan usaha kamu di Google Bisnisku. 

Tidak ada cara lain, untuk dapat meningkatkan eksistensi kamu di dunia internet, kamu harus beradaptasi dengan keadaan yang sudah ada. 

laba mitra

Apa itu Google Bisnisku?

Di kutip dari halaman Google Bisnisku, Google Bisnisku adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan kamu untuk mempromosikan Profil Bisnis kamu di mesin pencarian Google dan Google Maps. 

Karena jangkauannya melingkupi mesin pencarian Google dan juga Google Maps, tidak heran juga jika kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan secara online dan juga kamu dapat berinteraksi dengan pelanggan kamu secara online juga. 

Apa Pengaruhnya Google Bisniku Terhadap Usaha Kamu?

Ketika kamu sudah resmi terdaftar di Google Bisnisku, kamu mempunyai kemampuan untuk menarik pelanggan dari mesin pencarian Google dan juga Google Maps.

Google Bisnisku, mirip sekali dengan Aplikasi Zomato, yang memungkinkan kamu untuk memberikan alamat usaha kamu, nomor telepon, website hingga jam buka usaha. Selain itu, kamu berkuasa penuh untuk mengunggah foto logo usaha kamu, foto-foto produk kamu dan juga foto menu jika kamu membuka usaha makanan. 

Google Bisnisku, juga memungkinkan pelanggan kamu untuk memberikan penilaian terhadap usaha kamu. Usaha kamu akan semakin berkembang, jika penilaian yang di berikan sangat positif. Dan yang pasti nya semua fitur tersebut, dapat kamu gunakan secara gratis.

Panduan Lengkap Daftar Google Bisnisku untuk Pemula

Silahkan ikuti panduan kami untuk mendaftar Google Bisnisku

1. Silahkan kunjungi website resmi Google Bisnisku, kemudian klik Kelola Sekarang 

Cara Daftar Google Bisnisku untuk Usaha Lokal

2. Silahkan masukan nama bisnis kamu di kolom yang tersedia, dan klik Tambahkan Bisnis Anda ke Google.

Pada contoh ini menggunakan Bisnis Usaha Maju, kamu dapat menggantinya dengan nama usaha kamu sendiri 

Cara Daftar Google Bisnisku untuk Usaha Lokal

3. Kemudian pilih kategori yang sesuai dengan bisnis kamu

Cara Daftar Google Bisnisku untuk Usaha Lokal

4. Masukan kategori dari Bisnis kamu.

Pada contoh ini menggunakan kategori Restoran, kamu dapat menyesuaikannya dengan kategori usaha kamu. 

Cara Daftar Google Bisnisku untuk Usaha Lokal

5. Jika kamu ada toko/usaha yang dapat mengundang pelanggan untuk berkunjung ke tempat kamu, dapat pilih Ya, jika tidak silahkan pilih Tidak. 

Cara Daftar Google Bisnisku untuk Usaha Lokal

6. Jika kamu pilih Ya, silahkan masukan alamat usaha kamu dengan lengkap.

Ingat, tahap ini harus lengkap, karena nantinya Google akan mengirimkan sebuat surat berisi kode verifikasi. 

Cara Daftar Google Bisnisku untuk Usaha Lokal

7. Pada tahap Apakah ini bisnis Anda, silahkan pilih Tidak satu pun, kemudian klik Berikutnya. 

Cara Daftar Google Bisnisku untuk Usaha Lokal

8. Silahkan tunjukkan dalam Google Map, di mana lokasi usaha kamu. Jika sudah, silahkan klik Berikutnya 

Cara Daftar Google Bisnisku untuk Usaha Lokal

9. Apakah Anda juga melayani pelanggan di luar lokasi ini? Silahkan di isi, jika usaha kamu menyediakan layanan tersebut. 

Cara Daftar Google Bisnisku untuk Usaha Lokal

10. Detail Kontak yang di berikan kepada pelanggan, silahkan masukan nomor telepon yang dpaat dihubungi, kemudian jika sudah, silahkan masukan detail lainnya.

Jika kamu ada website, silahkan masukan alamat website kamu. Jika tidak punya, kami sarankan untuk buat situs gratis berdasarkan info Anda. 

Cara Daftar Google Bisnisku untuk Usaha Lokal

11. Terus dapat info kabar terbaru, kamu bebas pilih yang mana. 

Google Bisnisku: Cara Daftar untuk Usaha Lokal - LABABOOK

12. Jika sudah, silahkan klik Selesai 

Google Bisnisku: Cara Daftar untuk Usaha Lokal - LABABOOK

Selamat, kamu sudah menyelesaikan pendaftaran usaha kamu di Google Bisnisku. Tunggu kurang lebih 3 hari untuk Google melakukan verifikasi terhadap usaha yang kamu jalankan. Setelah dari itu, Google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat kamu. Itu cara Google untuk verifikasi apakah usaha kamu beneran nyata atau tidak. 

Setelah kamu membaca artikel ini, dan juga sudah mengetahui pentingnya mendaftaran usaha kamu ke Google Bisnisku, jangan lupa untuk mendaftarkannya dan juga memberikan informasi yang lengkap ya! Jadi calon pelanggan kamu dapat mudah mengenal usaha kamu dan menemukanmu di Google Maps!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter