Bagaimana Cara Lepas Dari Lilitan Hutang - LABABOOK

Bagaimana Cara Lepas Dari Lilitan Hutang

Masalah hutang seringkali menjadi beban bisnis untuk berkembang. Permasalahan hutang bisa terjadi jika suatu bisnis tidak bisa berperforma sesuai ekspektasi setelah berhutang atau memang nominal hutang terlalu besar untuk bisnis. Tetapi kalau bisnis kita sudah terlanjut terlilit hutang. Apa yang harus dilakukan?

Kamu harus selalu ingat bahwa cicilan hutang yang dicicil adalah cicilan pokok dan cicilan bunga. Presentase bunga akan terus sama, sedangkan nominal pembayaran bunga akan bergantung pada biaya besar cicilan.

Bagaimana Cara Lepas Dari Lilitan Hutang - LABABOOK

Jika kita melihat grafik di bawah, kita dapat melihat bahwa bank sudah mengatur cicilan yang berfokus pada bunga di awal (oranye) dan berfokus pada pokok (biru) nanti. 

Pada konsepnya, jika kita dapat mengurangi pokok, dengan presentase bunga yang sama, otomatis pembayaran bunga akan juga berkurang.

Bagaimana Cara Lepas Dari Lilitan Hutang - LABABOOK

Pada dasarnya ada 2 cara yang dapat diberdayakan untuk lepas dari lilitan hutang

  • Cara pertama adalah dengan mengurangi pokok hutang. Adapun cara – cara yang dapat ditempuh adalah:
    • Mengurangi Biaya Bulanan yang kurang produktif – Coba list biaya tetap bulanan kamu. Mungkin ada yang bisa kamu kurangi jika tidak terlalu krusial.
    • Menjual Asset yang tidak krusial di bisnis – Jualah aset usaha yang mungkin bisa menutupi/melunasi hutang kamu.
    • Mencari Kelompok Customer Baru – Selalu kreatif dalam mencari kelompok customer baru yang mungkin bisa menggunakan produk kamu.
    • Berinovasi dengan aset perusahaan yang sudah ada – Buatlah produk baru dengan aset yang ada. Hal ini memerlukan kreativitas yang tinggi
  • Cara kedua adalah dengan Refinancing
    Refinancing berarti kamu bisa mengalihkan hutang kamu yang berbunga tinggi ke bank lain yang berbunga rendah. Hal ini sangat memungkinkan jika suku bunga Bank Indonesia menurun. 

Kesimpulan

Kita dapat mengatur hutang yang membebani dengan membayar pokok di awal atau mengurangi persentase bunga bank dengan metode refinancing. Setelah masalah hutang ini sudah berkurang, maka adalah tugas kita melakukan evaluasi dan belajar dari kesalahan berhutang yang awal agar kamu bisa berhutang lebih bijak. Ingat, hutang itu seperti pedang bermata dua. Jika kamu bisa mengatur dengan bijak, hutang dapat membantu bisnis berkembang, dan begitu juga sebaliknya.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter