hutang pedang bermata dua dalam usaha

Hutang: Pedang Bermata Dua Dalam Dunia Usaha

Anda pernah berhutang? Sebagian dari kita pernah berhutang. Mungkin hutang kepada teman sendiri, keluarga, ataupun rekan usaha.

Tapi apakah kamu tahu ciri-ciri hutang yang sehat?

Mengenal Hutang

Hutang dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu hutang produktif dan hutang konsumtif. Hutang produktif adalah hutang yang menghasilkan uang lagi. Sedangkan hutang konsumtif lebih untuk membeli barang-barang yang tidak memiliki nilai tambah jangka panjang.

Mengapa Hutang itu di ibaratkan sebagai pedang bermata dua? Karena jika tidak hati-hati menggunakannya kita dapat terjebak dalam jebakan hutang dan akhirnya kita akan berakhir ke dalam lilitan hutang.

Lain halnya jika hutang kamu adalah hutang yang baik, maka hutang akan menjadi penyokong usaha kita. Contohnya: ada kesempatan bisnis yang tidak dapat kamu lewatkan tetapi kamu memiliki keterbatasan dana. Dengan berhutang, kamu dapat mengeksekusi kesempatan itu dan melunasi hutangnya nanti.

Mengenal Hutang yang Baik

Apa saja ciri-ciri hutang yang baik? Pastikan sebelum memutuskan untuk berhutang perhatikan hal di bawah ini:

FaktorAB
Apakah kamu berhutang untuk hal konsumtif atau produktif?KonsumtifProduktif
Jika kamu melihat ke depan dengan kondisi keuangan kamu, apakah kamu percaya diri bisa membayar cicilan?Ya saya bisa membayarSaya tidak percaya diri dan masih ragu ragu
Apakah bunga yang kamu dapat lebih rendah daripada return yang kamu akan dapatkan nanti dari modal berhutang?Lebih RendahLebih Tinggi
Resiko tidak bisa membayar hutang akan selalu ada. Jika ini terjadi, apa yang akan kamu lakukan? Apakah kamu bisa menanggung resiko terburuk?Saya bisaSaya tidak bisa

Setelah melihat tabel di atas, jawaban kamu banyak di kolom apa? Kolom A atau kolom B?

Jika jawaban kamu lebih banyak di kolom A, maka hutang kamu adalah hutang yang baik. Jika kebanyakan jawaban kamu ada di kolom B, pikirkan lagi keinginan berhutang kamu.

Kesimpulan

Demi mengetahui kesiapan kita dalam berhutang dalam keuangan usaha dan pribadi, kita harus selalu memiliki pencatatan keuangan yang baik.

Lababook adalah aplikasi pintar yang dapat membantu kamu untuk mencatat laporan keuangan kamu secara gratis, sehingga dengan cepat kamu dapat menentukan apakah hutang kamu termasuk sehat atau tidak.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter