Investasi Reksadana yang tepat untuk UMKM-lababook

Investasi Reksadana yang tepat untuk UMKM

Investasi reksadana dan saham lagi hangat nih karena terjadi resesi di tahun 2020. Banyak pemula juga sudah mulai main saham, tetapi banyak dari mereka latah dan banyak dari mereka adalah para pelaku UMKM.

Tetapi akan kurang bijak jika kamu para pelaku UMKM, berinventasi di dunia saham tanpa memperdulikan keuangan usaha kamu. Kenapa begitu?

Keuangan UMKM yang sehat itu memiliki arus kas yang lancar dan tidak peduli selagi masa sepi atau tidak. Maka dari itu kesehatan usaha harus disesuaikan dengan jenis investasi.

Dari sudut pandang investasi ada 2 jenis arus kas usaha untuk menentukan kamu harus berinvestasi di mana. Dua jenis usaha tersebut adalah usaha yang memiliki arus kas yang stabil dan tidak stabil.

Contoh, jika kamu memiliki usaha di bidang pertanian yang hanya panen di waktu tertentu, tentu usaha ini akan sangat berbeda dengan usaha warung sembako yang memiliki order rutin.

Mari kita bahas satu persatu!

Baca juga: Mau berinvestasi? Kenali Jenis Investasi

Investasi Reksadana untuk UMKM dengan Casflow Musiman

Untuk meminimalkan resiko sehingga tidak menggangu aktifitas usaha, ada baiknya para pelaku UMKM jenis ini memiliki investasi di reksadana pendapatan tetap atau pun reksadana pasar uang.

Kenapa begitu? Hal ini tentu dilihat dari kondisi UMKM yang memiliki penghasilan tidak menentu dan maish mengandalkan penghasilan musiman, akan tetapi masih mau mengalokasikan dana investasi agar asetnya bertumbuh.

Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT) ataupun Reksadana Pasar Uang (RDPU) memiliki tipe pertumbuhan yang stabil dengan adanya pendapatan tetap tiap bulan.

Jika usaha kamu kurang stabil, reksadana jenis ini bisa menyeimbangkan resiko ketidakstabilan UMKM dengan jaminan investasi yang terus bertumbuh.

Investasi Reksadana untuk UMKM dengan Cashflow Stabil

Untuk UMKM dengan arus kas yang sudah stabil contohnya seperti bisnis buka kos maupun di dunia pendidikan.

Investasi yang cocok untuk UMKM dengan jenis ini adalah dengan mengambil resiko lebih untuk menumbuhkan aset di Reksadana Saham.

Reksadana Saham dapat meningkatkan return atau untung investasi kamu dengan resiko yang relatif aman jika dikombinasikan dengan penghasilan UMKM kamu yang sudah stabil.

Bagaimana cara mengetahui arus kas stabil atau tidak?

Semua dimulai dari pencatatan yang rapi. LABABOOK adalah aplikasi pencatatan usaha untuk UMKM. Di sini tersedia laporan arus kas yang sudah dihitung secara otomatis dan di tampilkan secara profesional untuk kamu secara gratis.

Tentang LABABOOK

Lababook adalah aplikasi pintar untuk membantu para UKM di Indonesia untuk menganalisa laporan laba rugi; dan juga laporan arus kas secara otomatis secara otomatis setelah mereka melakukan pencatatan di dalam aplikasi

Aplikasi ini sudah membantu lebih dari 10.000 pelaku usaha di Indonesia dan terbukti 3X mempercepat pencatatan transaksi mereka. Aplikasi ini tersedia gratis dan dapat di download di Play Store dan App Store


Penulis: Andreas Christiansen

Editor: Lawrence Philemon

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter