Kumpulan Istilah dalam Bisnis Online

istilah dalam bisnis online

Kamu ngaku adalah seorang penjual yang tulen dan sudah ekspansi usahanya ke ranah online. Tapi kalau adalah istilah-istilah dalam Bahasa Inggris, kamu kagok. Pernahkah seperti itu? Mulai saat ini, kamu sudah tidak perlu kagok lagi, karena setelah baca ini, kamu jadi auto pinter. Yuk simak kumpulan istilah dalam bisnis online. 

Kumpulan Istilah Bisnis Online

Buyer

Buyer dalam Bahasa Indonesia nya adalah Pembeli. Ya sesuai dengan artinya ini adalah orang yang membeli barang kamu. 

Seller

Seller dalam Bahasa Indonesia adalah penjual. Kebalikan dari pembeli adalah orang yang menjual barang untuk di beli oleh pembeli. 

COD (Cash on Delivery)

Cash on Delivery yang jika di artikan secara harafiah adalah tunai ketika pengantaran atau dapat kita katakan sebagai pembayaran di lakukan ketika barang sudah diterima. I

ni adalah sistem pembayaran, yang sering di lakukan oleh penjual untuk menghindari penipuan. Sistem pembayaran ini, dulu banyak digunakan sebelum adanya e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Buklapak dan sebagainya. 

Resi

Resi adalah nomor pengiriman. Biasanya nomor resi sering di tanyakan oleh para pembeli ketika sudah melakukan pembayaran. Fungsi dari nomor resi ini, untuk melacak status pengiriman suatu barang yang di pesan secara online. Nomor resi akan dibuat oleh agen pengiriman barang, ketika barang tersebut sudah masuk ke daftar pengiriman. 

Booked / Booking

Sekilas kalau di baca, kedua kata tersebut memiliki arti yang sama. Padahal tidak. Booked adalah istilah di mana penjual memberikan status kepada barang yang sudah di pesan, tapi barang tersebut belum di ambil. Sedangkan booking adalah pembeli melakukan pemesanan barang yang belum tersedia dan biasanya memberikan pembayaran DP sebagai bukti komitmen. 

Sold

Jika di artikan adalah terjual. Biasanya kamu menemukan kata-kata ini jika berada di sebuah marketplace, dan kamu melihat barang itu hanya di jual satu oleh penjual. Kemudian setelah barang itu terjual dan habis, penjual akan memberikan label SOLD, yang artinya sudah terjual. 

Return

Return artinya sama dengan kembali. Artinya, kamu mengembalikan barang, jika kamu menemukan barang yang cacat. 

Refund

Refund itu mengembalikan duit. Biasanya ini terjadi kalau ada kesepakatan antara penjual dan pembeli. Biasanya refund ini terjadi jika ada barang yang di beli dan kurang sesuai dengan harapan, maka biasanya pembeli mengajukan pengembalian dana (refund) kepada penjual. Kalau di e-commerce, pengajuan dana balik, jika ternyata penjual menelantarkan pesanan. 

Ready Stock

Ready stock adalah istilah yang di berikan jika barang tersebut tersedia untuk di jual. 

Out of Stock

Out of stock adalah istilah yang di berikan, jika barang yang di jual sedang habis dan akan tersedia lagi di lain hari. 

Testimonial

Testimonial merupakan pendapat yang di berikan oleh pelanggan atas pengalaman mereka belanja barang di toko online kamu. Biasanya testimonial ini merangkum keseluruhan pengalaman seperti kecepatan penjual menanggapi chat dari pelanggan, kecepatan penjual mengirimkan barang, dan juga kerapihan penjual dalam membungkus barang yang di kirim. 

Restock

Ketika barang sudah habis, dan penjual menyiapkan kembali barang tersebut untuk di jual 

Reseller

Reseller adalah orang yang menjual kembali barang yang di beli kepada pelanggannya. Kamu dapat baca perbedaan dari reseller dan dropshipper di sini. 

Trusted Seller

Trusted seller adalah istilah yang di berikan kepada penjual dengan reputasi yang baik. 

PO (Pre Order)

Istilah ini sering kalian liat di bisnis online. Biasanya pembeli akan melakukan pembelian terlebih dahulu terhadap barang yang belum tersedia secara resmi di pasar. 

Supplier

Supplier adalah orang yang mempunyai barang dalam partai besar dan dia berkerja untuk memasukan barang-barang ke mitra warung/toko mereka. 

DP (Down Payment)

Down Payment atau biasa disebut dengan DP adalah pembayaran yang dilakukan oleh pembeli kepada penjual, namun nominal yang dibayarkan tidak seluruhnya, bisa saja setengah maupun seperempat dari harga yang dibeli. Biasanya sistem DP digunakan untuk Pre Order. 

Full Payment

Full Payment merupakan kebalikan dari DP, yang mana pembeli akan melakukan pembayaran secara total terhadap harga yang ditentukan. 

Dropship

Dropship mungkin hampir sama dengan Reseller, namun perbedaan utamanya adalah jika dropship merupakan seseorang yang menjual suatu produk dengan mengatasnamakan pihak kedua selaku seller atau si penjual. 

Hit and Run

Jika yang satu ini mungkin jarang didengar didunia online, namun masih ada saja yang menggunakan istilah Hit And Run ini. Hit And Run berarti seseorang yang berjanji ingin membeli suatu barang, namun ternyata dia malah kabur. Atau juga berlaku bagi orang yang suka tanya mengenai barang, tetapi tak kunjung membelinya. 

Ongkir

Ongkir atau biasa disebut pula dengan ongkos kirim adalah biaya tambahan yang akan dikenakan oleh pembeli karena pengiriman barang. Jadi dalam mengirimkan barang butuh biaya yang disebut Ongkir. 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter