Membaca Laporan Keuangan: Kenali Laporan Keuangan Secara Mudah - LABABOOK

Membaca Laporan Keuangan: Kenali Laporan Keuangan Secara Mudah

Banyak para entrepreneur yang masih buta terhadap laporan keuangan. Padahal untuk bisa mengenal bisnis kamu dengan lebih detail, kamu harus bisa melihat laporan keuangan. 

Keuntungan dari adanya laporan keuangan yang jelas adalah kamu bisa berkomunikasi dengan pihak luar, mungkin investor, pajak, dan lain-lain. Selain itu kamu juga mengevaluasi performa dan kesehatan usaha.  Yuk, mengenal lebih dalam tentang laporan keuangan.

3 Jenis Laporan Keuangan

  1. Laporan LABA Rugi
    Laporan laba rugi digunakan untuk mengukur performa profit usaha.
  2. Laporan Neraca
    Neraca digunakan untuk mengukur posisi keuangan usaha pada saat itu.
  3. Laporan Arus Kas
    Laporan arus kas adalah detil laporan uang tunai yang digunakan usaha.

Analogi Laporan Keuangan dengan Laporan Kesehatan

Memeriksa laporan keuangan sama ibaratnya seperti memeriksa kesehatan tubuh. Mari kita bahas perbandingan 3 jenis laporan keuangan itu dengan laporan Kesehatan.

Laporan Laba Rugi sama seperti laporan performa tubuh. Sama seperti atlit dan orang kebanyakan pasti berbeda dalam segi performa tubuh. Jika dalam dunia usaha kita mencari keuntungan, mungkin dalam bidang performa tubuh kita mencari bagaimana atlit bisa menghasilkan performa dalam bidang mereka.

Laporan Neraca

Laporan Neraca bisa dibandingkan dengan snapshot kesehatan pada waktu itu. Laporan kesehatan biasanya mengukur gula darah, asam urat, dan lain-lain. Dalam laporan neraca kita bisa melihat asset, hutang usaha, dan ekuitas.

Laporan Arus Kas 

Yang terakhir adalah laporan arus kas yang sama seperti kita mengecek peredaran darah. Jika seseorang memiliki performa yang bagus, tetapi tidak memiliki peredaran darah yang lancar, maka bisa terjadi penyumbatan darah yang berujung stroke maupun kematian Jika arus kasnya tidak lancar, akan berakibat terhadap bangkrutnya suatu usaha atau menjadi penghambat suatu usaha untuk berkembang.

Kesimpulan

Pada akhirnya laporan keuangan sangat penting untuk evaluasi. Laporan keuangan yang dibuat dengan transparan sangat penting untuk bisa memahamikinerja, kesehatan, dan arus uangkas suatu usaha sehingga keputusan-keputusan di dalam bisnis bisa diambil secara lebih tepat. Kita akan membahas topik ini secara lebih dalam di dalam artikel artikel berikutnya.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter