• Home
  • Keuangan Usaha
  • Mencari Solusi Penurunan Keuntungan Usaha (Part 1): Mengenali Apa Itu Laba
Mencari Solusi Penurunan Keuntungan Usaha (Part 1): Mengenali Apa Itu Laba - LABABOOK

Mencari Solusi Penurunan Keuntungan Usaha (Part 1): Mengenali Apa Itu Laba

Mencari Solusi Penurunan Keuntungan Usaha (Part 1): Mengenali Apa Itu Laba - LABABOOK

Pernah ga sih? Tiba-tiba profit usaha kamu turun dan yang buat pusing, kamu gak tahu kenapa? Trus kalian berasumsi, ini pasti gara-gara ada saingan, ini pasti gara-gara produk gw ga laku, dll.

Daripada berasumsi dan coba-coba bikin solusi yang kurang targeted, gimana kalau kalian bisa bisa mengetahui akar permasalahan dan solusi dari penurunan laba kamu. 

Permasalahan keuntungan pasti karena adanya tren memburuk dari 4 faktor di bawah

  1. Jumlah Transaksi Penjualan Bulan ini 
    Komponen Laba satu ini berguna bagi kamu untuk mengetahui performa sales kamu per item. Jika kamu melacak jumlah item yang kamu jual periode sekarang dibanding periode lalu, kamu bisa mengetahui kalau ternyata yang beli sedikit atau yang beli tambah banyak. Jika profit kamu menurun, tetapi jumlah transaksi penjualan kamu tambah banyak, berarti barang kamu tetap laku di pasaran. 
  2. Rata-rata nominal Transaksi
    Rata-rata nominal transaksi berarti harga yang kamu tetapkan ke customer. Jika ternyata rata-rata nominal transaksi kamu naik, tetapi profit kamu turun, jadi barang kamu bisa dibilang terlalu mahal buat customer.
  3. Biaya Tetap
    Biaya tetap adalah biaya yang kamu keluarkan tiap bulan tidak peduli kamu barang kamu laku atau tidak laku. Contoh dari biaya tetap adalah gaji karyawan, biaya sewa gudang, biaya sewa toko, dll. Jika sekarang, penjualan kamu naik banyak, tetapi profit kamu menurun, kamu perlu memeriksa biaya tetap kamu. Mungkin karyawan kamu terlalu banyak, atau kamu sewa Gudang terlalu besar tetapi usaha kamu belum butuh biaya tetap sebesar itu. 
  4. Biaya Produk
    Komponen Laba yang terakhir adalah Biaya Produk. Biaya produk adalah modal yang kamu keluarkan per penjualan. Jadi tidak termasuk stok nganggur di gudang yang belum terjual ya. Gunanya mengetahui biaya produk adalah indikasi untuk mungkin supplier barang kamu yang baru terlalu mahal. 

Next Step

Di sini kamu sudah tahu masalah di usaha kamu. Tetapi belum mencapai akarnya. Bagaimana mengerti akarnya? 

Ingin mengetahui bagaimana menganalisa 4 komponen laba tersebut? Lanjut di artikel part 2.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter