• Home
  • Keuangan Usaha
  • Mencari Solusi Penurunan Keuntungan Usaha (Part 3) : Bagaimana Mencari Solusi Yang Efektif
Mencari Solusi Penurunan Keuntungan Usaha (Part 3) : Bagaimana Mencari Solusi Yang Efektif - LABABOOK

Mencari Solusi Penurunan Keuntungan Usaha (Part 3) : Bagaimana Mencari Solusi Yang Efektif

Sekarang kalian sudah tahu akar permasalahan dari bisnis kalian kan? Tapi mengetahui akar permasalahan hanya langkah awal dari solusi laba kalian. Gimana sih cara memilih solusi yang tepat?

light bulb

Langkah pertama setelah brainstorming, kamu bisa menuliskan ide-ide kamu di atas kertas dan mulai menimbang di mana ide yang cocok untuk kamu terapkan. Kamu bisa mulai screening dari ide – ide yang banyak. Ide yang bagus adalah ide yang mempertimbangkan kompetitor, market kamu, dan eksekusi.

Pembeli

Pastikan kamu mengenal pembeli kamu. Kamu bisa mulai mencari kenapa produk kamu dibutuhkan oleh pembeli. Mungkin bisa dimulai sederhana, seperti dengan bertanya-tanya ke pembeli. Selalu ingat, pembeli adalah raja, dan bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa menyesuaikan ke selera pembeli. 

Mencari Solusi Penurunan Keuntungan Usaha (Part 3) : Bagaimana Mencari Solusi Yang Efektif - LABABOOK

Eksekusi 

Apakah kamu bisa mengeksekusi ide tersebut jika ditimbang dari segi biaya, pengetahuan/pengalaman, dan operasional? Faktor eksekusi ini untuk menimbang apakah ide yang kamu akan pilih realistis atau tidak. Kesalahan dari para pengusaha awal adalah mengeksekusi suatu ide tanpa mempertimbangkan dampak panjang dari biaya.  

Persaingan

Apakah kompetitor kamu sudah mulai mengeksekusi ide yang kamu punya? Contoh, jika sudah banyak kompetitor mengekeksusi ide yang sama, terkadang ide yang akan dijalankan akan menjadi ide yang pasaran. Ide yang bagus adalah ide yang dapat bersaing dengan kompetitor. Persaingan bisa dimulai dari harga atau pun value produk yang mungkin tidak dipunyai oleh kompetitor.

Mencari Solusi Penurunan Keuntungan Usaha (Part 3) : Bagaimana Mencari Solusi Yang Efektif - LABABOOK

Kesimpulan

Jika kamu sudah yakin akan ketiga faktor di atas, kamu bisa mulai mengeksekusi. Alangkah baiknya jika waktu memilih ide jangan terlalu lama sehingga ide kamu akan selalu up-to-date dengan tren yang ada. Ide tersebut juga disarankan untuk tidak bisa ditiru oleh orang lain sehingga kamu akan memiliki ide yang bagus.

Kamu sudah paham bagaimana mencari solusi dari bisnis yang mengalami penurunan? Tanyakan kepada Lababook Team yang akan mengajari lebih lanjut dengan disini

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter