panduan berjualan menggunakan whatsapp lababook

Panduan Berjualan menggunakan WhatsApp

Dari semua aplikasi yang populer di Indonesia, Whatsapp merupakan aplikasi yang sangat populer di semua kalangan, dari anak sekolah, mahasiswa, pekerja hingga orang tua. Sravanthi Dev selaku Asia Pacific Communication Director Whatsapp, mengatakan bahwa Indonesia menjadi negara yang begitu penting. Kenapa tidak, total pengguna Whatsapp secara global sudah tembus 2 miliar, dan Indonesia menduduki peringkat nomor tiga pengguna terbanyak di dunia.

Melihat hal ini, tidak heran jika banyak pelaku UMKM juga memanfaatkan Aplikasi Whatsapp  untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan juga sebagai media untuk memperlancar bisnis mereka. Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan penjualan menggunakan Whatsapp?

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan untuk berjualan menggunakan Whatsapp. Sebenarnya berjualan menggunakan menggunakan aplikasi tersebut sangat sederhana dan mudah dilakukan, jadi simak terus ya!

panduan berjualan menggunakan whatsapp
Infrographic, panduan berjualan menggunakan whatsapp

1. Siapkan nama dan logo usaha

Tidak ada yang lebih dari menyiapkan nama dan logo usaha kamu. Menyiapkan nama dan logo usaha sebagai langkah awal untuk memperkenalkan ke orang-orang usaha yang akan kamu jalankan. Jadi ini penting sekali.

2. Download Whatsapp di PlayStore dan AppStore

Whatsapp juga tersedia untuk versi bisnisnya, ini bertujuan untuk membantu kamu untuk mengelola bisnis. Kamu dapat download Whatsapp untuk Android dan iOs. Yang membedakan Whatsapp biasa dengan Whatsapp Business adalah di dalam fitur nya. Yang paling mencolok perbedaannya ada di fitur auto reply dan katalog produk.

3. Upload foto dan tulis deskripsi

Ingat langkah pertama? Saatnya kamu upload logo usaha kamu dan juga nama dari usaha kamu, dan tentu tidak lupa untuk menulis deskripsi secara singkat. Deskripsi ini penting supaya calon pelanggan kamu paham usaha yang kamu tawarkan ke mereka.

4. Atur Whatsapp katalog

Tadi sempat di bahas di point nomor dua, perbedaan yang paling terlihat ada di katalog. Menggunakan Whatsapp Business, kamu dapat mengatur katalog produk kamu. Silahkan upload gambar produk kamu, dan tulis deskripsi dengan jelas.

5. Buat Group Whatsapp

Saatnya mengumpulkan semua pelanggan kamu di dalam 1 group. Tujuannya adalah supaya mereka dapat berinteraksi dengan pelanggan yang lain, dan kamu juga dapat ngobrol langsung dengan mereka. Cara ini juga dapat digunakan untuk memberikan informasi terbaru terkait dengan produk/usaha yang kamu tawarkan.

6. Broadcast secara berkala

Penting banget untuk update produk secara berkala ke pelanggan kamu, sehingga mereka tau kalau usaha kamu terus memberikan pembaruan terhadap produk/usaha yang di jual. Tapi perlu diingat, fitur ini digunakan jika memang diperlukan,  karena jika terlalu sering nanti berakhir nomor usaha yang kamu yang di block sama pelanggan kamu. Tentu saja kamu tidak mau terjadi seperti itu kan?

7. Jangan lupa catat penjualannya!

Ini langkah yang paling penting, karena tentu kamu tidak dapat mengingat semua transaksi pada hari itu, apa lagi mengingat yang hutang dengan kamu, tentu kamu tidak ingin mereka tidak membayar nya kan? Jadi penting sekali untuk mencatat penjualannya, dan pastikan rapi, supaya enak di baca di kemudian hari.

Bonus tip: Catat semuanya di LABABOOK!

Mencatat penjualan itu penting banget, dan sangat krusial jika kamu banyak memberikan hutang ke pelanggan, oleh karena itu penting sekali ada pencatatan yang rapi. LABABOOK adalah aplikasi pintar yang dapat membantu kamu melakukan pencatatan transaksi dengan rapi. 

Selain itu, di LABABOOK kamu dapat melihat laporan buku kas, laporan hutang dan piutang hingga laporan laba & rugi yang tercatat dengan rapi dan otomatis! Kemudian, dengan menggunakan LABABOOK, kamu sudah mengurangi resiko kesalahan menghitung, selain hitung-hitungan kamu sudah otomatis terhitung, akuntansi di LABABOOK sudah sesuai dengan Standar Akuntansi (SAK).

Jadi, jangan lupa di DOWNLOAD ya!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter