Pentingnya Media Sosial dalam Pemasaran Usaha Kuliner

Pentingnya Media Sosial dalam Pemasaran Usaha Kuliner

Kemajuan teknologi memang sudah merubah banyak strategi pemasaran dalam berbagai industry. Banyak juga yang mengandalkan iklan di social media untuk mendatangkan trafik dan ada juga yang mengandalkan jalur organic untuk mendapatkan trafik. Tapi tahukah kamu pentingnya media sosial dalam pemasaran usaha kuliner?

Contohnya saja di Indonesia, Aplikasi Instagram sangat popular di kalangan para pengusaha kuliner, dan mereka semua berlomba untuk menghadirkan konten yang baik dan juga menciptakan copywriting yang dapat menarik minat pelanggan untuk membeli barang tersebut.

Apa itu Media Sosial?

Media sosial merupakan aplikasi yang berbentuk media untuk membagikan momen kita kepada orang banyak, dan aplikasi yang paling terkenal di Indonesia adalah Instagram. Selain itu aplikasi buatan dari Mark Zuckeberg ini juga mendapatkan perhatian lebih yang dulu hanya menyebarkan foto momen.

Sekarang banyak yang menggunakannya untuk branding bisnis yang di jalankan. Karena sebagai pengusaha yang menggunakan media sosial ini untuk berjualan, mereka dapat memanfaatkan secara maksimal untuk mengenalkan barang yang mereka jual.

Mungkin kamu juga mau baca ini:
Strategi Funneling Digital Marketing untuk UMKM
5 Istilah Keren di Digital Marketing untuk UMKM
Google Bisnisku: Cara daftar untuk usaha lokal

Pentingnya media sosial dalam pemasaran usaha kuliner

Menurut dari ibrand.id, ada 5 hal penting mengapa pemasaran menjadi di media social merupakan startegi pemasaran yang baik.

  1. Membangun dan menarik minat masyarakat
    Media sosial adalah platform untuk menyebarkan gambar, dan kamu dapat menggunakan ini untuk menyebarkan foto usaha kamu, agar dapat banyak di kenal oleh orang banyak dan tentunya menarik minat mereka untuk membeli barang kamu.
  2. Membantu menemukan konsumen dan memperluas target pemasaran.
    Media social seperti Facebook dan Instagram dapat membantu kamu untuk memperkenalkan usaha di daerah kamu. Apalagi sekarang aplikasi tersebut, memungkinkan kamu untuk menandai lokasi toko kamu dan sekaligus menandai akun profil yang bersangkutan.
  3. Memungkinkan mendapatkan feedback langsung dari pelanggan
    Media social sekarang menjadi tempat bagi netizen untuk mengungkapkan perasaan mereka terhadap sebuah merek. Seperti komentar mereka terhadap sebuah barang hingga keluh kesah mereka terhadap pelayanan sebuah toko. Jadi dengan media social, bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu untuk meningkatkan kepercayaan
  4. Mengembangkan target pasar dan dapat menyaingi competitor.
    Dengan perkembangan media social, tidak ada lagi yang dapat disembunyikan, termasuk strategi pemasaran yang di jalankan oleh competitor kamu. Dengan media social, kamu dapat menjalankan riset strategi pemasaran yang di jalankan oleh competitor kamu, bahkan kamu dapat melakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) strategi tersebut menjadi lebih baik.
  5. Meningkatkan penjualan kamu.
    Tentu yang di harapkan dari semua orang adalah masuk ke media social, maka banyak orang yang tau usaha kamu. Dengan orang tau usaha kamu, maka di harapkan banyak yang beli barang usaha kamu.

Jika strategi media social ini kamu jalankan dengan baik, maka hasilnya akan menjadi sangat baik. Apalagi jika kamu menggunakan media social ini untuk mempromosikan usaha makanan kamu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan jika ingin promosi makanan di media sosial.

Strategi Pemasaran usaha makanan menggunakan media sosial.

  1. Menggunakan foto dengan kualitas yang baik
    Hal pertama yang dilihat oleh pelanggan kamu di media social adalah kualitas foto. Kualitas foto yang baik, dapat membuat mereka berhenti untuk melihat foto kamu. Jadi jika kamu punya usaha kuliner, pastikan kamu menyediakan kualitas foto yang baik untuk menampilkan foto makanan di media social kamu.
  2. Kemasan yang menarik dan sesuai
    Pernahkah kamu melihat orang beli makanan karena hanya kemasannya yang lucu? Ciptakan kemasan makanan yang baik dan sesuai dengan barang yang kamu jual. Terkadang dengan kemasan yang lucu kamu bisa mendapatkan pemasaran gratis. Kok bisa? Bisa saja, karena kemasan yang begitu bagus dan lucu, mereka foto kemudian di abadikan di media social pelanggan kan? Hehe.
  3. Kontes yang di berikan di media social.
    Strategi yang paling sering di lakukan oleh setiap pelaku bisnis yang menggunakan media social adalah kontes, dan strategi ini dapat kamu gunakan untuk usaha kuliner kamu. Kamu dapat mengadakan kontes foto makanan yang terbaik, atau kamu dapat menggunakan strategi dengan memasukan foto makanan itu di feed maka akan mendapatkan diskon.
  4. Review dari pelanggan
    Marketing yang baik jika pelanggan kamu dapat meninggalkan review yang baik di toko kamu. Karena review biasanya mencakup tentang produk itu sendiri hingga pelayanan yang di berikan. Jadi pastikan, kamu memberikan yang terbaik untuk pelanggan kamu, sehingga mereka tidak akan keberatan untuk meninggalkan kesan yang baik di media social usaha kamu.
  5. Menggunakan influencer atau food blogger
    Kamu dapat menggunakan jasa mereka untuk membantu promosi usaha kuliner kamu, apalagi mereka yang sudah punya banyak follower dan punya engagement rate yang lumayan baik (kamu dapat lihat dari like dan komen di akunnya mereka). Kamu dapat membayar dengan tarif yang sudah di sediakan atau membuat sedikit Kerjasama untuk promosi usaha kuliner kamu.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter