• Home
  • LABABOOK
  • Starbucks Selalu Ramai, yang Punya Kedai Kopi Merapat!
Starbucks selalu ramai, yang punya kedai kopi merapat

Starbucks Selalu Ramai, yang Punya Kedai Kopi Merapat!

yuk belajar dari Starbucks!

Siapa di sini yang tidak tahu Starbucks? Yakin deh sebagian besar dari orang pasti mengetahui merek kedai kopi Starbucks.

Menurut catatan dari website resmi Starbucks Indonesia, pertama kali buka di Indonesia pada tahun 2012. Hingga awal tahun 2018, kedai kopi Amerika ini yang dibawa masuk oleh MAP yang berhasil mencatat 322 kedai yang tersebar di 22 kota di Indonesia.

Kalau kamu pergi ke Mall, pernahkah kamu melihat Starbucks sepi? Padahal, harga minumannya pun cukup mahal jika dibandingkan dengan kedai kopi yang menyajikan minuman yang mirip.

Akan tetapi, pernahkah kamu bertanya, apa yang membuat Starbucks ini selalu ramai dikunjungi orang? Apa yang membuat orang rela antri untuk membeli satu gelas minuman yang harganya 50.000?

Nah jika kamu punya kedai kopi, penting banget nih untuk belajar dari keberhasilan Starbucks di Indonesia, sehingga kamu bisa menerapkannya juga di tempat kamu.

Yuk mari belajar bersama – sama!

1. Minuman Starbucks yang bervariasi

starbucks
sumber: pexels.com

Selain menyiapkan minuman spesial mereka (jika ada), Starbucks juga mempunyai varian minuman lain yang layak untuk dicoba juga. Selain itu, Starbucks juga menyediakan secret menu yang dapat di pesan oleh pelanggan yang tau menu itu.

Jadi, jika kamu punya kedai kopi, perlu kamu perhatikan untuk produk yang kamu jual. Fokus akan produk spesial dari kedai kamu itu penting, tapi tidak boleh lupa untuk menyiapkan varian lain, sehingga pelanggan kamu punya banyak opsi untuk memilih minuman.

2. Program Loyalitas dari Starbucks

Starbucks Selalu Ramai, yang Punya Kedai Kopi Merapat! - LABABOOK
sumber: pexels.com

Starbucks juga memberikan harga yang disesuaikan dengan target pembelinya juga, seperti memberikan diskon untuk yang membawa tumbler sendiri dan juga memberikan gratis minuman untuk yang menjadi member yang sudah mengumpulkan poin selama periode tertentu.

Kalau kamu punya kedai kopi, ternyata program loyalitas yang dapat memberikan benefit jika pelanggan sering belanja ke kedai kamu. Hal kecil seperti ini, mendapatkan perhatian lebih dari setiap pembeli untuk mengundang mereka melakukan pembelian ulang di tempat kamu.

3. Starbucks melakukan promosi yang unik

gelas natal starbucks
sumber: pexels.com

Seringkah nama kamu salah ketika ditulis oleh barista Starbucks? Jika iya, bagaimana perasaan kamu? Ini cara yang unik untuk promosi.

Ketika barista tersebut salah menuliskan nama, secara tidak langsung kamu akan jengkel dengan nama kamu yang berubah. Bagi orang jaman now, ada kemungkinan mereka akan foto dan dimasukan ke sosial media untuk menertawakan kesalahan penulisan itu.

Secara tidak langsung, kamu membantu Starbucks mempromosikan kedai kopi nya secara gratis! 

Kemudian, kamu juga perhatikan di setiap menjelang Hari Natal, mereka menyiapkan gelas yang memiliki corak natal. Warna itu sangat mencolok di umum.

Tapi ketika kamu bawa itu keliling Mall sambil menikmati minuman itu, secara tidak langsung kamu membantu Starbucks meningkatkan awareness nya ke orang lain.

Bagi orang yang belum tau merek Starbucks, mereka akan cari tahu “itu apaan ya, kok gelas nya lucu sekali?”

Kalau kamu punya kedai kopi, sebenarnya banyak cara untuk melakukan promosi. Seperti mengadakan perlombaan photo minuman atau mungkin mengadakan giveaway untuk orang yang bisa menyampaikan pengalaman minum kopi di kedai kamu. Hal-hal seperti itu, dapat membuat kedai kopi kamu lebih di ingat, apalagi gelas minuman-nya instagramable.

4. Ada nya tempat yang nyaman

suasana starbucks
sumber: pexels.com

Balik lagi ke pertanyaan “Mengapa orang rela beli minuman dengan harga 50.000?” Selain pengalaman mereka menikmati minuman itu sendiri, alasan lainnya adalah karena mereka beli untuk nongkrong.

Apa lagi tempat yang bersih, nyaman, ada musik yang bisa membuat pikiran menjadi lebih santai, ada colokan listrik dan ada WiFI, membuat orang rela antri beli minuman dengan harga yang mahal demi bisa duduk untuk nongkrong di sana. 

Jika kamu punya kedai kopi, pastikan selalu ada WiFi dan colokan listrik yang dapat di jangkau dari meja yang di duduki. Terkadang yang datang ke tempat kamu, bukan untuk membeli minuman saja, akan tetapi mereka juga mencari tempat yang nyaman untuk meeting secara online. Atau mencari tempat baru untuk mengerjakan tugas-tugas mereka.

Jika mereka puas dengan kedai kamu, ada kemungkinan mereka akan balik lagi dan juga merekomendasikannya ke kerabat dan keluarganya.

5. Pelayanan dari Barista Starbucks

barista
sumber: pexels.com

Penulis pernah sekali waktu datang ke Starbucks bingung mau pesan minuman apa, dan barista tersebut dengan senyum dan ramah dia menawarkan minuman yang menurut dia layak untuk dicoba.

Seketika itu juga penulis mencoba beli minuman yang direkomendasikan itu, padahal tau harga minuman itu lumayan mahal.

Jika kamu punya kedai kopi, entah kamu sebagai pemilik yang melayani langsung atau kamu mempunyai barista sendiri yang membantu kamu untuk bantu melayani orang, mereka harus di sapa dengan sopan dan tentu nya dengan ramah.

7. Minumannya selalu made by order

proses membuat kopi
sumber: pexels.com

Penulis kalau ke Starbucks, suka sekali lihat cara barista nya menyiapkan minuman yang di pesan sama orang. Proses pembuatannya yang begitu cepat, akan tetapi mereka tetap bisa menjaga konsistensi dari minuman yang dibuat.

Yang terpenting, selama proses itu mereka menunjukkan bahwa minuman yang dipesan itu adalah minuman yang made by order. Jadi selalu baru dan fresh.

Jika kamu punya kedai kopi, dapat memberikan rasa yang konsisten itu adalah kunci. Jika mereka mencoba minuman kamu dan suka, kamu harus dapat memberikan kualitas dan rasa minuman yang sama untuk pelanggan itu kedua kalinya. Karena ada kemungkinan, mereka sudah merekomendasikan minuman kamu ke kerabat atau saudaranya, jika minuman kamu enak.

7. Ada di lokasi strategis

lokasi starbucks
sumber: pexels.com

Eksistensi Starbucks dapat dilihat oleh semua orang dan mudah ditemukan juga, dan sebagian besar Starbucks buka di Mall, di tempat yang orang-orang mudah dijangkau jika ingin beli minuman tersebut.

Jika kamu punya kedai kopi, lokasi yang strategis membantu kedai kamu dikenal oleh banyak orang, seperti jalur orang sepeda pagi, atau di kantor yang jalurnya sering dilewati oleh banyak orang. Hal seperti itu, membantu kedai kamu lebih dikenal oleh banyak orang.

Jangan lupa baca: 4 Tips Jualan di Marketplace untuk Pemula

Kesimpulan

Starbucks memanjakan pelanggannya untuk menikmati pengalaman segelas minuman sampai maksimal. Dari harga minuman yang mahal, akan tetapi dilengkapi dengan suasana yang nyaman.

Selain itu pelayanannya yang penuh dengan senyum dan ramah, dan dilengkapi dengan WiFi yang cepat untuk mendukung orang kerja. Hal kecil seperti itu membuat pembeli merasakan harga 50.000 itu tidak terasa mahal.

Jadi jika kamu punya kedai kopi, terkadang mereka datang ke tempat kamu bukan spesial untuk beli minuman, terkadang mereka cari tempat untuk berkumpul dan ngobrol.

Jadi yang mereka beli tentu nya adalah pengalaman mereka ketika duduk di sana sambil menikmati minuman, ngobrol dengan kerabatnya atau menikmati koneksi wifi yang kencang.

Sehingga mereka tidak akan ragu lagi, jika harus beli minuman dengan harga yang mahal, karena mereka tau yang dibeli bukanlah minumannya.

Tentang LABABOOK

Lababook adalah aplikasi pintar untuk membantu para UKM di Indonesia untuk menganalisa laporan laba rugi; dan juga laporan arus kas secara otomatis secara otomatis setelah mereka melakukan pencatatan di dalam aplikasi

Aplikasi ini sudah membantu lebih dari 10.000 pelaku usaha di Indonesia dan terbukti 3X mempercepat pencatatan transaksi mereka. Aplikasi ini tersedia gratis dan dapat di download di Play Store dan App Store


Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter