Tokopedia dan Gojek Merger, dan dampak ke UMKM

Tokopedia dan Gojek Merger, dan dampak ke UMKM

Tokopedia dan Gojek Merger, dan dampak ke UMKM

Sebelumnya, beberapa bulan yang lalu, terdengar kabar bahwa Gojek dan Grab akan merger untuk menjadi perusahaan ride-hailing terbesar di Asia Tenggara. Akan tetapi hal itu tidak terdengar hingga Bulan Februari bahwa Tokopedia dan Gojek yang akan bersatu (merger), dan tentu menghebohkan para pelaku UMKM. 

Sebelumnya untuk membantu para UMKM, kami juga melakukan sedikit riset e-commerce yang cocok untuk pemula. Kami melakukan riset hanya dengan menggunakan Google Trend dengan metode web search. Kami menemukan bahwa, di Indonesia, Shopee mendominasi trafik pencarian di bandingkan dengan Tokopedia dan toko online lainnya seperti Bukalapak, Lazada, dan BliBli. 

Dengan merger Tokopedia dan Gojek, tentu akan sangat mempengaruhi dari segi apapun, seperti dari trafik pencarian di mesin Google, trafik penggunakan Aplikasi Tokopedia dan Gojek, dan tentunya juga jumlah transaksi pada kedua perusahaan tersebut juga akan meningkat dengan pesat. 

Kemudian, dengan Tokopedia dan Gojek merger, apa dampaknya ke UMKM? 

Kedua perusahaan ini mempunyai bisnis yang berbeda, akan tetapi punya tujuan yang sama. Tokopedia & Gojek sebagai Unicorn di Indonesia, sudah terbukti meningkatkan ekonomi para pejuang UMKM di tanah air. Seperti Tokopedia dengan memberikan kualitas e-commerce yang baik dan gratis, dan Gojek yang merupakan perusahaan yang fokus pada ride-hailingnya, ternyata selama pandemi kemarin, sukses membuat para pejuang usaha di bidang kuliner bertahan dengan layanan Gofood mereka. 

Jadi dengan rencana merger Gojek dan Tokopedia, akan mampu memperluas ekosistem di ranah ekonomi digital. Sekaligus, bisa menciptakan efisiensi dan peluang baru bagi jutaan UMKM di Indonesia. Mungkin nanti kedepannya, layanan dari Gojek bisa di pasarkan melalui Tokopedia dan penjualan yang ada di Tokopedia pun, bisa di pasarkan melalui Gojek. 

Efisiensi berikutnya dengan merger nya kedua perusahaan ini adalah di bagian transportasi pengiriman. Bisa saja nanti kedepannya, pengiriman barang di Tokopedia akan menggunakan sistem logistik pengiriman cepat yang sudah di bentuk oleh Gojek. 

Oleh karena itu, yang diuntungkan di sini sebenarnya bukan dari pelaku UMKM saja, melainkan juga dari pelaku pelanggannya, tentu pelanggan merasa diuntungkan dengan promo yang makan beragam dan akan hadir di genggaman mereka.

Harapannya adalah, dengan merger ini, akan memperkuat ekonomi digital di Indonesia dan menyejahterakan pelaku UMKM dalam menghadapi masa pandemi. 


Lababook merupakan aplikasi pintar untuk pelaku UMKM di Indonesia. Lababook akan membantu kamu untuk merubah sebuah kebiasaan dari pencatatan manual ke pencatatan secara digital. Selain itu, Lababook juga sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Indonesia, yang akan membantu kamu mengurangi kesalahan menghitung. Kemudian juga, aplikasi ini di lengkapi dengan laporan laba rugi dan arus kas. Semua fitur itu bisa kamu dapatkan secara GRATIS di PlayStore

Saat ini juga Lababook membuka kesempatan yang besar untuk kamu para pemilik usaha seperti Supplier dan Distributor untuk bergabung menjadi mitra kami. Program ini juga memungkinkan kamu sebagai pemilik warung, untuk mencari supplier atau distributor untuk keperluan usaha kamu. Untuk informasi lengkapnya, kamu dapat mengunjungi halaman ini

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter