tokopedia-toko kamu rapi, auto cuan

Tokopedia: Toko Kamu Rapi, Auto Cuan!

Belakangan ini Tokopedia baru saja mengumumkan ambassador baru mereka yaitu Blackpink dan BTS. Blackpink dan BTS adalah girl band dan boy band dari Korea yang sekarang namanya sedang naik daun. Tentunya, kamu sebagai penjual tidak ingin menyiakan kesempatan untuk ikut jualan di toko online milik Indonesia ini.

Sebagai pengusaha baru, mungkin memulai usaha baru di Tokopedia akan terlihat sangat mengintimidasi, karena banyaknya sekali penjual di sana. Tapi jangan takut, kamu juga bisa ikut bersaing dengan mereka, dengan catatan toko kamu di Tokopedia harus rapi.

Mengapa Toko di Tokopedia harus rapi?

Sebagai penjual yang belum ada reputasi atau belum ada testimonial dari pembeli, penting sekali untuk merapikan profil toko kamu. Sebagai pembeli, sebelum membeli barang, mereka akan menilai apakah toko yang mereka datangi ini rapi dan penjualnya ramah. Karena belum ada testimonial tentang pelayanan dari toko tersebut.

Baca Juga: Shopee: Follower Banyak, Auto Cuan!

Bagaimana cara membuat Toko di Tokopedia kamu rapi?

1. Buatlah identitas seller yang jelas, dan buka anonym

Sebagai penjual yang baru, kamu harus bisa meyakinkan calon pembeli bahwa kamu adalah penjual yang professional dan dapat mereka percaya. Jangan membuat nama kamu sebagai “wanita galau” (contoh), mungkin mereka sebagai pembeli akan meragukan pelayanan dari toko kamu.

2. Buat deskripsi toko yang jelas, singkat dan padat!

Kata-kata di deskripsi toko, fungsi nya seperti sales. Isi dari pesan yang jelas akan buat pelanggan kamu lebih paham barang yang di jual di toko kamu.

Ada beberapa poin penting yang harus kamu masukan, Ketika sedang menulis deskripsi toko:

  • Produk yang di jual
  • Sebutkan kamu menerima pembeli dalam bentuk seperti apa. (Pembelian dalam bentuk partai besar kah, atau harus ada minimum pembelian juga)
  • Tambahan catatan lain yang kamu rasa perlu, seperti menjamin bahwa toko kamu hanya menjual barang original, apakah kamu menerima reseller, dan lain-lain.

3. Membuat Catatan Toko di Tokopedia

Berbeda dengan deskripsi toko yang biasanya bersifat jelas, Catatan Toko adalah informasi yang lebih detail tentang syarat dan ketentuan atau info penting dalam situs Kamu. Catatan toko ini menunjukkan bahwa toko kamu menyajikan informasi yang jelas dan detail.

Beberapa catatan yang biasanya kerap para seller sajikan di Tokopedia antara lain :

  • Kebijakan Pengembalian Produk
  • Ketentuan Same Day Delivery
  • Cara Mendapatkan Free Bubble Wrap atau Box

4. Gunakan Logo sebagail Profil Picture Tokopedia

Logo akan menjadi identitas toko kamu. Oleh karena itu ada baiknya, logo ini sebaiknya adalah buatan original kamu, tidak asal comot gambar orang, atau asal- asalan.

Gambar logo toko yang unik dan khas adalah salah satu daya tarik tersendiri untuk toko di toko online kamu. Buatlah toko Anda tampil beda dari yang lain.

5. Jasa Pengiriman yang Bervariasi

Sebagai penjual yang baru, tentu saja kamu tidak ingin menghilangkan kesempatan calon pembeli hilang karena jasa pengiriman yang kamu sediakan terbatas.

6. Susun Etalase yang Rapi

Kamu punya banyak produk yang di jual? Rapikan barang kamu di etalase sesuai dengan kategori barang kamu. Etalase yang rapi akan membuat calon pelanggan kamu dapat dengan mudah mencari barang di toko kamu.

Bayangin kalau toko kamu berantakan, mereka susah mencari barang yang mereka mau beli, padahal mungkin juga jual.

7. Berikan informasi produk yang jelas

Karena ini penjualannya online, tentu saja calon pembeli kamu tidak dapat melihat barang secara ril. Tetapi dengan informasi yang jelas, dapat membuat calon pembeli kamu dapat mengerti lebih baik terhadap barang yang kamu jual.

8. Selalu fast respons

Salah satu cara menunjukkan bahwa toko kamu aktif adalah dengan memberikan fast respon. Tentu nya sebagai calon pembeli, mereka ingin pertanyaan mereka atau masalah mereka, dapat di jawab dengan cepat.

9. Join Gold Merchant Tokopedia

Tokopedia ada fitur Gold Merchant, dan fitur ini sangat penting yang dapat membuat toko kamu standout dibandingkan dengan toko lainnya. Selain itu dengan fitur Gold Merchant, membuat pembeli lebih mempercayai kualitas dari toko kamu.

Kesimpulan

Jika kamu sudah punya toko di Tokopedia, perhatikan hal-hal tersebut. Mungkin saja, setelah dirapikan, justru toko kamu makin banyak pengunjung. Berikan kesan, kalau memang kamu niat untuk berjualan dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk calon pembeli kamu.

Tentang LABABOOK

Lababook adalah aplikasi pintar yang dapat membantu UMKM di Indonesia untuk mempercepat pencatatan transaksi mereka. Aplikasi ini sudah digunakan oleh ribuan pengusaha warung dan sudah terbukti membantu mereka mempercepat pencatatan mereka sebesar tiga kali. Aplikasi ini dapat di unduh di Play Store dan App Store.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe today

Subscribe our Newsletter